nusakini.com - Internasional - Lebih dari 500 orang di Tokyo dirawat di rumah sakit pada Kamis (6/1) dan Jumat (7/1) setelah terpeleset dan jatuh karena es dan salju di jalanan, saat ibu kota mengalami hujan salju lebat pertama dalam empat tahun, kata pihak berwenang.

Pusat kota Tokyo memiliki salju setebal 10 sentimeter pada Kamis malam, dengan lalu lintas yang terganggu kembali normal pada Jumat. Suhu turun hingga minus 3,5 derajat Celcius di wilayah tengah ibu kota pada Jumat pagi, meskipun naik pada sore hari karena cuaca cerah.

Sebanyak 525 orang, berusia antara kurang dari 1 tahun dan 100, dibawa ke rumah sakit di ibu kota, termasuk seorang wanita berusia 60-an yang menderita luka parah, menurut Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo.

Sebuah bus menabrak bagian luar sebuah rumah di Kokubunji di Tokyo barat pada Jumat pagi, ketika pengemudi, yang menderita luka ringan, tampaknya mencoba menghindari sepeda di jalan. Tidak ada orang di dalam rumah yang terluka, kata pihak berwenang.

Polisi mengatakan 77 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cedera telah terjadi di Tokyo akibat salju pada Jumat pagi.

Hujan salju menyebabkan hingga 100 kendaraan terjebak di Jembatan Gerbang Tokyo di area teluk pada satu titik. Jembatan Pelangi, objek wisata utama di ibu kota, dan sekitar 14 rute di Metropolitan Expressway ditutup sementara karena salju.

All Nippon Airways membatalkan sembilan penerbangan yang berangkat dari atau tiba di bandara Haneda Tokyo.

Beberapa jalur kereta api ditangguhkan atau ditunda karena pemeriksaan gerbong kereta, meskipun hampir semua layanan kembali beroperasi pada sore hari.

Di Stasiun JR Shimbashi di distrik bisnis utama Tokyo, banyak penumpang berjalan dengan hati-hati di jalan yang tertutup es.

"Sulit untuk berjalan karena jalan di sekitar rumah saya juga beku. Saya berharap saya bisa bekerja dari jarak jauh hari ini," kata Namiki Kasahara, seorang penduduk Nishitokyo berusia 29 tahun.

Di Prefektur Saitama yang berdekatan, 140 orang terluka, empat di antaranya parah termasuk seorang wanita berusia 72 tahun yang jatuh dari sepedanya dan kakinya patah.

Empat orang menderita luka ringan dalam kecelakaan yang melibatkan lima truk di Kasukabe, kata polisi setempat, menambahkan mereka menduga itu disebabkan oleh jalan yang tertutup es.

Di Prefektur Ibaraki, timur laut Tokyo, 548 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan 64 orang terluka telah terjadi pada Jumat pagi karena salju dan es di jalan. Sedikitnya 244 orang terluka di Prefektur Chiba, sebelah timur Tokyo, satu orang terluka parah, kata pihak berwenang.